Pepes Ikan

pepes ikan pictures dan resep Pepes Ikan . Berbagai macam resep memasak ikan bisa di coba untuk variasi menu masakan sehari-hari . Kali ini Ikan dimasak dengan cara di pepes. Dengan cara di pepes kandungan nutrisi dalam ikan lebih terjaga. Selain itu pepes ikan tidak mengandung minyak dari proses menggoreng.
Waktu yang dibutuhkan untuk mengukus sebenarnya cukup 1 jam kalau waktu yang dibutuhkan untuk menyajikan hidangan tidak banyak . Untuk itu anda harus lebih memperhatikan proses membumbui ikan hingga merata . Hasilnya juga sudah cukup optimal , yaitu rasa pepes yang lezat dan gurih merata .
Tapi apabila anda punya banyak waktu untuk menyajikan sajian istimewa atau ingin membuat resep pepes ikan duri lunak , cara untuk melunakkan duri adalah dengan mengukus pepes selama 6 jam (bahkan bisa sampai 12 jam dengan api kecil sekali supaya bumbu lebih meresap ). Tapi bila anda mempunyai panci presto ISA, hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam saja untuk mengukus ikan pepes dengan hasil duri lunak.



Resep Pepes Ikan


Bahan-bahan :


2 ekor ikan ( @300 gram) misalnya Ikan Mas , bandeng , Kakap , atau jenis lain sesuai selera

1/2 buah nanas, parut

1 1/2 sdt garam

60 lembar daun kemangi

2 buah tomat merah, iris tipis

8 lembar daun salam ukuran kecil

6 batang serai, potong 5 cm dan belah dua, memarkan

300 gram daun bawang, iris kasar

daun pisang untuk membungkus

lidi untuk menyemat


Bumbu yang dihaluskan :

10 butir bawang merah

4 siung bawang putih

6 butir kemiri

6 buah cabai merah

6 cm kunyit

2 cm jahe

2 cm lengkuas

2 sdt garam



Cara Memasak :


Bersihkan Ikan dengan seksama . Iris bagian punggung dari ikan dari leher sampai ekor . ( Seperti di fillet tapi jgn sampai daging lepas dari tulangnya. Sehingga ada rongga untuk memasukkan bumbu )


Lumuri ikan bagian dalam dan luar dengan nanas dan garam, diamkan selama 30-60 menit agar ikan cepat lunak. ( Proses ini bisa di lewati jika anda yakin ikan sudah cukup lunak )

Sisihkan. Bilas dengan airmengalir, tiriskan


Campurkan Bumbu yang dihaluskan dengan tomat, serai, dan daun kemangi. Aduk hingga tercampur rata ( Gunakan tangan / diulet-ulet bila perlu )


Ambil 3 lembar daun pisang ukuran 35 x 40 cm.

Taburi bagian tengah daun dengan daun salam dan daun bawang.

Taruh seekor ikan yang sudah dilumuri bumbu halus ( Isi bagian perut ikan yang tadi dibelah/diiris dengan bumbu halus ).

Taburi lagi bagian atas ikan dengan daun salam dan daun bawang

Lipat bagian kanan dan kiri daun. Semat kedua ujungnya dengan lidi


Lakukan langkah yang sama pada ikan yang satu lagi.


Kukus pepes dalam dandang dengan air mendidih selama 6 jam dengan api sedang sampai duri ikan lunak ( Atau cukup 1 jam bila waktu anda terbatas dan anda tidak perlu hasil duri lunak )


Angkat

Bakar Ikan beserta daunnya diatas arang atau kompor hingga daun terbakar, dan dirasa ikan didalam daun cukup berbau asap


Sajikan hangat dengan nasi



Lihat Kumpulan Resep Masakan Ikan yang lain :